PRODUK UNGGULAN AGRIBISNIS TANAMAN PANGAN DAN HORTIKULTURA SMK NEGERI 2 METRO
dikirim tanggal 16 November 2018 - 10:30:17, dan sudah dilihat sebanyak 7852 kali
artikel

1.     Sayuran Organik


Sayuran organik hasil praktik siswa ATPH dengan perlakuan budidaya tanpa menggunakan pupuk kimia, tanpa pestisida kimia, dan tanpa herbisida kimia. Sehingga hasil tanaman lebih sehat dan tidak mengandung bahan kimia.


Dalam proses budidaya tanaman sayuran menggunakan pupuk dan pestisida organik hasil praktik siswa ATPH sendiri.


Sayuran organik yang dihasilkan diantaranya adalah : caisim, pakcoy, sawi, selada, bayam, kangkung, terong, tomat, cabai, timun, kacang panjang, dll.



2.     Bibit Tanaman Buah dan Hias


Bibit tanaman buah-buahan yang dihasilkan dari perbanyakan secara vegetative (cangkok, okulasi, stek, sambung, temple, susuan, dll.). Tentunya sumber bibit berasal dari pohon induk yang telah menghasilkan dan telah tersertifikasi oleh Dinas Pertanian.


Bibit tanaman buah-buahan unggul yang dihasilkan oleh siswa ATPH diantaranya : tanaman jambu jamaika, tanaman jambu Kristal, tanaman nangka, tanaman kelengkeng, tanaman mangga, tanaman jeruk, tanaman rambutan, tanaman sawo, tanaman sirsak, dll. Sedangkan bibit tanaman hias yang dihasilkan dari hasil praktik siswa ATPH dengan cara perbanyakan vegetatif (stek, sambung, temple, cangkok,okulasi,dll.) dan generatif (penyemaian dengan benih, persilangan, dll.)


Bibit tanaman hias yang dihasilkan diantaranya : tanaman pucuk merah, sabrina, akalifa, kamboja, adenium, aglonema, mawar, dll.




3.     Benih padi unggul


Benih padi yang dihasilkan oleh siswa ATPH merupakan hasil penangkaran benih padi yang berasal dari bibit unggul dan berkualitas baik. Tentunya telah disertifikasi oleh BPSB Dinas Pertanian Provinsi Lampung.


Varietas benih padi yang dihasilkan diantaranya : benih padi ciherang, benih padi mekongga, benih padi ciliwung, dll.



4.     Hidroponik


Hidroponik merupakan system budidaya tanaman tanpa menggunakan media tanah. Namun media yang digunakan berupa air, unsure hara, pasir, sekam, kerikil/batu, dll.


Keunggulan budidaya tanaman secara hidoponik adalah : tidak tergantung cuaca, lebih hemat penggunaan pupuk, tanaman lebih bagus, tahan terhadap hama dn penyakit, tahan terhadap kekeringan, memiliki nilai ekonomis tinggi, dll.


Sistem budidaya hidroponik yang dihasilkan oleh siswa ATPH diantaranya : caisim, pakcoy, bayam, selada, kangkung, seledri, dll.



5.     Pupuk Organik


Pupuk organik merupakan pupuk tanaman yang berasal dari bahan-bahan alami atau sisa-sisa makhluk hidup. Beberapa manfaat pupuk organik diantaranya : tidak mencemari lingkungan, tanaman lebih sehat, tidak mengandung kimia, lebih murah.


Pupuk organic yang dihasilkan oleh siswa ATPH terdiri dari pupuk organic cair (POC) dan Pupuk Organik Padat (Kompos).


Selain pupuk organic cair dan padat, siswa TPH juga membuat Zat Perangsang Tumbuh (ZPT) alami yang berasal dari bahan nabati dan hewani.


Berita Terkait
Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) SMKN 2 METRO pada tanggal 17 s.d 19 juni 2019
Administrator 3521 Kali
Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB) SMKN 2 METRO pada tanggal 17 s.d 19 juni 2019Buat adik-adik ya...
Kegiatan Expo SMKN 2 Metro
Administrator 1584 Kali
Kegiatan Expo yang terselenggara di akhir Semester Ganjil, sebagai rasa memupuk rasa persaudaraan di...
MEMPERINGATI HARI PENDIDIKAN
Administrator 1007 Kali
Upacara memperingati Hari Pendidikan di SMKN 2 METRO dilaksanakan 2 Mei 2019. Seluruh petugas upacar...
Jika orang-orang hanya tahu bagaimana keras saya bekerja untuk mendapatkan penguasaan saya, itu tidak akan tampak begitu indah sekali.
( Michelangelo )
Tidak membuat alasan